Rabu, 11 April 2012

Motivasi buat Konselor

Setiap insan yang lahir ke dunia memerlukan pengembangan untuk menjadi manusia seutuhnya sebagaimana yang dikehendaki. Upaya pengembangan tersebut diartikan sebagai pengembangan potensi yang ada pada dirinya secara individual dalam segenap dimensi kemanusiaannya, termasuk menyelesaikan setiap tugas perkembangannya. Pengembangan tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan dan bimbingan.
Dalam dunia pendidikan dikenal istilah pendidikan karakter yakni, suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil.
Sedangkan dalam rangka pengembangan kegiatan bimbingan, pemerintah telah mengaturnya dalam PP No 29/1990 BAB X pasal 27 ayat 1 yang menyebutkan bahwa : “Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan”. Oleh karena bimbingan merupakan bagian integral dari komponen pendidikan, maka bimbingan memiliki fungsi besar dalam membantu siswa meningkatkan mutunya.
So,, Jurusan Bimbingan dan Konseling mengundang kalian untuk menjadi TOKOH yang berperan dalam membentuk siswa yang cerdas sekaligus berkarakter. Jadilah pahlawan dan jangan menyerah pada keadaan.

Semangat Konselor(^_^)”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar